Senin, 16 Februari 2015

Pembangunan Itera Telan Rp2 T

Pembangunan Itera Telan Rp2 T
Credit to Hery Riyanto

LAMPUNG - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai membangun kampus Institut Teknologi Sumatera (Itera). Menempati lahan seluas 300 hektare (ha) di bagian selatan Sumatera, dana pembangunan Itera diperkirakan mencapai Rp2 triliun.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyatakan, dana pembangunan diambil dari APBN dan APBD. Dengan begitu, pemerintah bisa leluasa mengerjakan proyek pembangunan Itera tanpa harus memikirkan utang.
"Setahun kita butuhkan sekira Rp200 miliar-Rp300 miliar. Nanti kita hitung, total dana pembangunan itu Rp2 triliun. Karena ini bertahap, maka tidak akan terasa," ujar Nuh, pada acara rapat koordinasi gubernur se-Wilayah Sumatera, di Hotel Novotel, Lampung, Rabu (20/3/2013).
Mantan menteri komunikasi dan informatika (Menkominfo) itu mengimbuh, pembangunan akan dilakukan bertahap. Diperkirakan, kampus Itera akan rampung dalam tiga hingga empat tahun mendatang.
Kampus Itera nantinya akan menjadi institut teknik negeri di Sumatera. Di kampus ini, mahasiswa bisa belajar tentang berbagai teknologi mulai dari pangan, elektronika, mekanika, dsb. Nuh berharap, Itera tidak hanya akan menjadi penyokong pendidikan teknologi di Lampung dan Sumatera, tetapi juga di Indonesia. Bahkan, Kemendikbud menyiapkan Itera sebagai kampus berkelas dunia.
"Ini bukan hanya untuk suplai Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), tapi untuk harga diri. Setiap pulau besar seperti Sulawesi, Papua, Maluku dan seterusnya harus memiliki institut teknik," imbuh Nuh.
Itera merupakan salah satu institut baru yang diinisasi Kemendikbud untuk menjawab kekurangan kampus teknik negeri di Indonesia. Saat ini, baru ada dua institut teknik di Tanah Air yakni ITB dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Selain Itera, Kemendikbud, melalui binaan ITS, juga tengah menyiapkan institut teknik di Balikpapan, Kalimantan Timur.


(rfa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar