Senin, 16 Februari 2015

ITERA (Institut Teknologi Sumatera)

ITERA (Institut Teknologi Sumatera)


Credit to eVANDOphotography
Pengantar
Itera atau Institut Teknologi di Sumatera telah ditetapkan berlokasi di Kecamatan Sukarame, Perbatasan Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung (SK Mendikbud No.060/P/2012).

Upaya percepatan pembangunan nasional, khususnya dalam bidang sains, teknologi dan seni, memerlukan kesiapan penyediaan sumberdaya manusia yang unggul. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki program pendirian Institut Teknologi negeri di Sumatera.

Penyusunan proposal pendirian ITERA (Institut Teknologi Sumatera) telah dilakukan pada tahun 2011.

Status penyelenggaraan perguruan tinggi Itera (Institut Teknologi Sumatera) tersebut akan ditetapkan melalui Keputusan Presiden. 


Berkenaan dengan rencana mengenai ITERA tersebut, berdasarkan penugasan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maka pada tahap awal (sambil menunggu selesainya pembangunan infrastruktur kampus) , pengembangan dan penyelenggaraan Itera akan dilaksanakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) yang bekerjasama dengan beberapa Pemerintah Daerah di Sumatera.

Sebagai langkah awal penyelenggaraan, ITB dan Pemerintah Daerah Provinsi Lampung akan melaksanakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITERA untuk Tahun Akademik 2012/2013 yang nantinya akan menjadi mahasiswa
Itera atau Institut Teknologi Sumatera di Kecamatan Sukarame Provinsi Lampung, melalui program penerimaan yang dinamakan SPM-ITERA 2012.

Mengingat pembangunan Kampus ITERA (Institut Teknologi Sumatera) di Kecamatan Sukarame tersebut masih pada tahap pembangunan, mahasiswa yang dinyatakan diterima DI ITERA melalui SPM-ITERA 2012, akan mengikuti perkuliahan di Kampus ITB Jatinangor, Jawa Barat.

Karena keterbatasan daya tampung ITERA saat ini, jumlah yang akan diterima ITERA sementara dibatasi 100 mahasiswa pada 5 program studi.

Secara bertahap penerimaan mahasiswa ITERA akan ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang baik jenis prodi maupun jumlah mahasiswanya.
Setelah izin pendirian ITERA dari Presiden Republik Indonesia terbit dan Kampus sudah siap dioperasikan untuk kegiatan akademik (diperkirakan mulai Tahun Akademik 2014), status para mahasiswa ITERA akan ditetapkan sebagai mahasiswa di perguruan tinggi baru tersebut dan perkuliahan akan diselenggarakan di kampus Institut Teknologi Sumatera tersebut.


Demikian sekilas info mengenai Itera (Institut Teknologi Sumatera).

.....
Sumber : 
http://www.itera.itb.ac.id/?page_id=2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar